Memahami dan menerapkan teknik SEO yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas blog di mesin pencari. Menjadi blogger tidak hanya harus bisa menulis artikel saja, tetapi juga harus bisa memahami teknik SEO yang baik dan benar. Alhamdulillah, pada tanggal 19 Juli 2024 kemarin Berbaginfo mendapat kesempatan belajar tentang pentingnya SEO checklist untuk blogger, even webinar BRT Network x Mas Miftah ini diselenggarakan oleh BRT Network dengan pembicaranya Mas Miftahul Khoir.
“SEO Checklist walaupun terlihat sangat old school sekali, tetapi sangat dibutuhkan untuk mengkoreksi optimasi website yang tidak maskimal.” Ungkap Mas Miftah (bukan Gus Miftah ya). Beliau saat ini menjadi AVP of Digital Performance & Marketing Business dari website Klikdokter dan Hallobumil. Ilmu yang dibagikan oleh Mas Miftah pada acara ini bukan abal-abal, apa yang disampaikan pada acara kemarin berdasarkan hasil praktek dan riset beliau selama bertahun-tahun sebagai SEO specialist dari tahun 2015 hingga saat ini.
Mengapa SEO Checklist Penting Bagi Blogger?
Menurut Mas Miftah, SEO checklist ini sangat penting karena bisa berguna sebagai alat ukur untuk melihat bagian mana dari optimasi yang sudah berjalan itu work atau tidak. Sebagai contoh saat beliau mengelola website klikdokter, ada penurunan trafik yang sangat signifikan. Setelah melakukan pengecekan ulang dengan checklist yang lama, ternyata ada optimasi yang tidak maksimal. Akhirnya, setelah ada perbaikan pada website trafik kembali naik dengan signifikan. Dari contoh kasus yang disampaikan oleh Mas Miftah, bisa disimpulkan bahwa SEO Checklist ini perlu diterapkan oleh blogger atau pengelola website.
Strategi SEO Checklist for Winning SERP
Menurut Mas Miftah ada beberapa strategi SEO checklist untuk blogger yang bisa diterapkan untuk bisa memenangkan SERP, ini beberapa diantaranya;
Skill Dasar Konten Writer
Strategi yang mudah tetapi sering disepelekan para blogger.
- Kemampuan Kreatif: Hasilkan ide-ide kreatif dan menarik untuk konten.
- Solutif: Konten harus actionable, comprehensive, trustworthy, dan targeted.
- Keterampilan Teknis: Menguasai tools SEO dan memahami cara kerja search engine.
Melakukan brainstorming dan storytelling untuk konten yang menarik.
Pengembangan Topic Halaman
Buat konten yang unik dan berbeda dengan yang lain.
- Brainstroming: Mencari ide yang menarik dan baru untuk kontent yang lebih menarik.
- Storytelling: Membuat konten dengan narasi yang bisa memikat pembacanya.
- Base on data: Konten yang baik itu harus berdasarkan data dan fakta, kecuali jika menulis blog yang berisi cerita fiksi atau sejenisnya.
Positioning
- Set target utama blog: Sebagai seorang blogger harus bisa menentukan siapa target pembaca dari tulisan kita, ini akan berpengaruh dengan gaya bahasa dan cara menulis.
- Jangan utamakan SEO: Jangan terlalu kaku dengan aturan SEO, buatlah konten yang natural dan bisa dipahami oleh audience.
- Pahami audience: Konten itu yang utama untuk pembaca, jadi buatlah konten yang sesuai dengan target pembaca yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Navigasi Website
- Crawling status: Pastikan website memungkinkan bot untuk membaca semua isi halaman caranya dengan mengoptimalkan pengaturan pada robot.txt.
- Website navigation: Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini, antara lain: kategorisasi, breadcrumb dan linking.
- Experience: Core Web Vital harus menjawab kebutuhan user: kecepatan, keterbacaan halaman, dan ketersediaan halaman.
Your Money Your Life (YMYL)
Ini adalah website yang mempengaruhi kehidupan orang, ini harus dihindari karena mempunyai resiko yang tinggi. Contoh website YMYL seperti banking, tindak pidana, industri kesehatan, hukum dan pendidikan. Saat salah memberikan informasi pada konten YMYL akan memberikan dampak buruk atau menyesatkan pembaca.
E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness)
Strategi ini berlaku untuk semua website, tidak hanya untuk website YMYL.
- Experience: Konten berdasarkan pengalaman pribadi penulis atau pendapat ahli.
- Expertise: Ditulis oleh seseorang yang memiliki kualifikasi dan pendidikan yang relevan, jika penulis tidak memiliki kualifikasi yang relefan maka perlu menyantumkan link referensi artikel.
- Authoritativeness: Membangun reputasi website di kalangan pakar atau influencer.
- Trustworthiness: Menghindari cloaking dan konten yang menipu.
Schema Data
Ini memang bukan salah satu ranking factor, tetapi membantu website terbaca oleh google.
- Article: Membantu google memahami jenis dari postingannya adalah artikel. Property yang digunakan “headline, author, datePublished, image, articleBody”
- Blog Posting: Spesifik untuk postingan blog dan merupakan subtype dari Article. Contoh Property headline, mainEntityOfPage, author, datePublished, dateModified, image, articleBody.
- Person: Ini untuk penulis atau contributor blog, contoh propertynya name, url, sameAs.
- Website: Mengidentifikasi keseluruhan situs web blog, Contoh properti: url, name, potentialAction (seperti SearchAction untuk menambahkan kotak pencarian).
Ada baiknya juga menerapkan komponen BreadcrumbList, review, ImageObject dan VideoObject.
Content Mapping
Bagian ini terdiri dari tiga bagian,
- Topic Cluster
- Content Cluster
- Strategi linking yang jelas untuk membangun hubungan antara konten yang satu dengan lainnya.
Content Performance
- SERP Layout: Perhatikan kondisi SERP demi bisa memaksimalkan visibilitas content.
- User Indicator: Tentukan metric yang dapat menginterpretasikan kepuasan user agar dapat menjadi evaluasi kedepannya.
SERP Layout Condition
Layout website seperti apakah yang bagus untuk SERP? Pada masa sekarang ini kayout yang mobile friendly adalah yang paling mungkin bisa mendekatkan website kita pada google. Ini karenakan banyaknya user yang menggunakan handphone untuk melakukan sebuah pencarian.
Analisis SERP Perform
Untuk performa konten yang baik, sangatlah butuh pemahaman terstruktur tentang bagaimana konten mendapatkan audience dari google.
Understanding GSC Metric
GSC atau Google Search Console bisa menjadi acuan untuk memantau perkembangan website, oleh karenanya blogger juga harus memahami cara membaca grafik informasi yang ada.
Analisis User Interaction
Menganalisa interaksi dari user juga bisa menjadi informasi untuk melihat perkembangan dari website. Mulai dari view, interaksi user, engagement dan event scroll. Point ini bisa untuk menilai apakah konten yang telah tayang memberikan kontribusi kepada website atau tidak.
Membangun Audiens yang Loyal
Ini strategi terakhir yang berguna dalam optimasi website, membangun audiens yang loyal bisa memberikan trafik yang konsisten pada sebuah website atau blog. Tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:
- Konten berkualitas: Blogger harus bisa membuat kontenyang unik dan berkualitas yang menarik perhatian audiens.
- Interaksi aktif: Terlibat dengan audiens seperti membalas komen, melakukan kolaborasi dan memberikan feedback.
- Konsistensi publikasi: Menjaga frekuensi publikasi dan tetap berinteraksi dengan audiens.
- Nilai tambah: Menawarkan konten eksklusif, diskon atau manfaat lain untuk mempertahankan audiens yang loyal.
Kesimpulan
Sebagai seorang pakar, Mas Miftah dengan sangat gamblang menjelaskan hal-hal teknis tentang SEO checklist untuk blogger dai acara webinar kemarin. Beliau juga membuka wawasan kami para blogger untuk terus mengembangkan diri, tidak hanya sebatas mengerti tentang konten tetapi juga harus belajar juga dengan hal yang bersifat teknis seperti SEO dan bagaimana mengoptimalkan konten dan website yang kita buat. Semoga sedikit rangkuman acara webinar BRT Network x Mas Miftah ini bisa memberi inspirasi untuk pembaca, jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar ya. Jika ingin mengenal lebih jauh dengan Mas Miftah bisa berkunjung ke websitenya Miftahulk.com.
Baca juga artikel tentang belajar SEO untuk pemula di Berbaginfo.web.id. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.