Mengenal Search Generative Experience (SGE) Google, Penjelasan Lengkap!

Berbaginfo.web.id – Mengenal Search Generative Experience (SGE) Google. Kemunculan AI seperti ChatGPT dan jenis AI lainnya, merevolusi tren cara pencarian informasi atau berita oleh pengguna internet. Setelah Bing menyandingkan fitur pencariannya dengan AI yang melahirkan Copilot. Google pun tidak mau kalah, walaupun “sedikit” tertinggal dengan platform yang lain. Ajhirnya, pada awal November tahun lalu Google mengumumkan telah merilis fitur search generative experience di mesin pencarinya.

mengenal search generative experience

Perubahan pada teknologi mesin pencari ini, pastinya akan mengubah dasar penerapan SEO. Karena dampak kedepannya yang pasti akan sangat signifikan, ini mengharuskan para praktisi SEO mencari pendekatan baru untuk optimasi konten.

Mengenal Search Generative Experience (SGE) Google

Tahukah Kamu apa itu SGE Google? Google Search Labs meluncurkan sebuah eksperimen yang mengintegrasikan kecerdasan buatan generatif ke dalam mesin pencari Google untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna, yang dikenal sebagai Search Generative Experience atau SGE Google.”

Google Search Labs pertama kali mengumumkan SGE (Search Generative Experience) pada bulan November 2023. Namun, sebelumnya Google telah menerapkan SGE dalam beberapa eksperimen terbatas, seperti:

  1. Pencarian produk. Generative AI menyajikan ringkasan dan poin penting yang perlu diketahui pengguna tentang sebuah produk yang dicarinya.
  2. Pencarian tempat lokal. SGE digunakan untuk memberikan konteks tentang tempat lokal dengan menggunakan wawasan yang didukung AI.
  3. Integrasi iklan. SGE Google diintegrasikan dengan iklan Search untuk memberikan pengalaman yang lebih relevan bagi pengguna.

Berikut ini beberapa contoh konkrit penerapan SGE Google:

  • Pencarian untuk “laptop terbaik untuk pelajar”. Hasil pencarian akan menampilkan ringkasan dari faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop untuk pelajar, seperti harga, kinerja, baterai, dan portabilitas. Generative engine juga akan menampilkan berbagai pilihan laptop yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
  • Pencarian untuk “rumah makan padang di dekat saya”. Pada pencarian ini akan menampilkan daftar rumah makan padang di dekat pengguna, bersama dengan ulasan, peringkat, dan informasi lainnya. SGE juga akan memberikan wawasan tentang tempat makan, seperti suasana, menu, dan harga.

Cara Mengaktifkan SGE Google

Setelah kamu mengenal Search Generative Experience Google, pasti kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini di mesin pencari Google. Mengaktifkan SGE (Search Generative Experience) di Google sangatlah mudah. Kamu cukup mengunjungi link ini, dan aktifkan SGE di sana.

cara mengaktifkan fitur SGE Google

Bagaimana cukup mudah bukan caranya? Nah, bagi Kamu yang sudah mengaktifkan fitur ini, coba ceritakan pengalaman dan pendapatmu di kolom komentar ya.

Fitur Google SGE

Google merancang fitur utama SGE (Search Generative Experience) untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam pencarian online. Fitur ini menawarkan beberapa kemampuan berikut:

tampilan Google SGE

Search Experience yang Lebih Kaya

Dengan menggunakan generative AI, SGE tidak hanya menampilkan link ke website, tetapi juga membuat ringkasan informatif. Sebagai contoh, saat pengguna melakukan pencarian produk seperti “sepeda motor terbaik”, Generative Experience akan menampilkan ringkasan faktor penting seperti harga, spesifikasi, dan ulasan pengguna, selain menampilkan pilihan produk terkait.

Konteks Lokal yang Lebih Baik

Untuk pencarian tempat lokal seperti restoran atau objek wisata, SGE tak hanya menampilkan daftar lokasi, tapi juga memberikan informasi tambahan berdasarkan wawasan AI. Tambahan wawasan bisa mencakup suasana tempat, menu yang ditawarkan, atau keramahan terhadap anak.

Ads Integration yang Lebih Relevan

Iklan tetap menjadi bagian dari hasil pencarian Google. SGE berupaya mengintegrasikan iklan Search dengan mulus agar sesuai dengan pencarian pengguna. Ini berarti iklan yang Kamu lihat akan lebih relevan dengan minat dan kebutuhanmu.

Pemahaman Bahasa yang Lebih Natural

Sangat diharapkan SGE dapat memahami maksud pengguna dengan lebih baik, meskipun pertanyaan yang diajukan terkadang tidak menggunakan kata kunci yang tepat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dalam format percakapan yang lebih natural.

Perlu Kamu ketahui bahwa Google masih mengembangkan SGE. Google mungkin terus meningkatkan dan memperluas fitur serta kemampuannya di masa mendatang.

Kesimpulan

Fitur utama SGE Google bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyajikan ringkasan informatif, konteks lokal yang lebih baik, integrasi iklan yang lebih relevan, dan pemahaman bahasa yang lebih alami. Meskipun masih dalam pengembangan, Google diharapkan terus meningkatkan dan memperluas fitur serta kemampuan SGE di masa mendatang.

Semoga artikel mengenai mengenal Search Generative Experience (SGE) Google ini, bisa memberi wawasan serta pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan juga strategi SEO di masa depan. Terima kasih sudah membaca artikel ini, share artikel ini jika menurutmu bermanfaat.

FAQ:

Apa itu Search Generative Experience (SGE) Google?
SGE Google adalah eksperimen yang mengintegrasikan kecerdasan buatan generatif ke dalam mesin pencari Google untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna dengan menyajikan ringkasan dan informasi penting tentang produk, konteks lokal, dan integrasi iklan yang lebih baik.

Bagaimana cara mengaktifkan SGE di mesin pencari Google?
Kamu bisa mengaktifkan SGE dengan mengunjungi website Google Labs dan mengikuti petunjuk yang diberikan di sana.

Apa saja fitur utama SGE Google?
Fitur utama SGE Google mencakup penyajian ringkasan informatif, konteks lokal yang lebih baik, integrasi iklan yang lebih relevan, dan pemahaman bahasa yang lebih alami untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna.

Referensi

Tinggalkan komentar