Cara Mengenal Potensi Diri dan Bakat Melalui MBTI

Berbagi Info – Mengenal potensi diri dan bakat melalui MBTI. Apakah Anda pernah merasa bingung tentang apa yang Anda inginkan dalam hidup? Apakah Anda pernah merasa tidak cocok dengan pekerjaan, lingkungan, atau orang-orang di sekitar Anda? Apakah Anda pernah merasa tidak yakin dengan kemampuan dan bakat Anda?

mengenal potensi diri dan bakat melalui MBTI

Jika jawaban Anda ya, maka Anda mungkin belum mengenal potensi diri dan bakat Anda dengan baik. Potensi diri adalah kemungkinan atau kesempatan yang dimiliki seseorang untuk berkembang dan mencapai tujuan hidupnya. Bakat adalah kemampuan alami yang dimiliki seseorang dalam bidang tertentu.

Mengetahui potensi diri dan bakat Anda sangat penting untuk menentukan arah dan pilihan hidup Anda. Dengan mengetahui potensi diri dan bakat Anda, Anda dapat:

  • Memilih pekerjaan atau karier yang sesuai dengan minat, kekuatan, dan nilai-nilai Anda
  • Meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda dalam pekerjaan atau karier Anda
  • Membangun hubungan yang harmonis dan saling menghargai dengan orang-orang di sekitar Anda
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan kebahagiaan Anda dalam hidup

Namun, bagaimana cara mengetahui potensi diri dan bakat Anda? Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah dengan mengenal potensi diri dan bakat melalui MBTI.

Apa itu MBTI?

MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, yaitu sebuah tes psikologis yang dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers berdasarkan teori tipe kepribadian yang diusulkan oleh Carl Jung.

Tes MBTI bertujuan untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam hal:

  1. Cara memperoleh energi (Extroversion atau Introversion)
  2. Cara mengumpulkan informasi (Sensing atau Intuition)
  3. Cara membuat keputusan (Thinking atau Feeling)
  4. Cara menghadapi dunia luar (Judging atau Perceiving)

Dengan menggabungkan empat preferensi ini, tes MBTI menghasilkan 16 tipe kepribadian yang berbeda, yang masing-masing memiliki kekuatan, kelemahan, minat, nilai, dan gaya hidup yang berbeda.

Bagaimana Cara Melakukan Tes MBTI?

Untuk melakukan tes MBTI, Anda dapat mencari situs web atau aplikasi yang menyediakan tes MBTI secara online. Biasanya, tes MBTI terdiri dari sejumlah pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jujur dan sesuai dengan diri Anda yang sebenarnya, bukan yang Anda inginkan atau harapkan.

tipe MBTI

Setelah Anda menjawab semua pertanyaan, Anda akan mendapatkan hasil tes MBTI Anda dalam bentuk empat huruf yang menunjukkan preferensi psikologis Anda. Misalnya, jika Anda mendapatkan hasil tes MBTI ENFP, maka artinya Anda memiliki preferensi:

  1. Extroversion: Anda lebih suka berinteraksi dengan orang lain dan mendapatkan energi dari situasi sosial
  2. Intuition: Anda lebih suka mengandalkan imajinasi dan ide-ide besar daripada fakta dan detail
  3. Feeling: Anda lebih suka membuat keputusan berdasarkan emosi dan nilai-nilai daripada logika dan analisis
  4. Perceiving: Anda lebih suka hidup dengan fleksibel dan spontan daripada terencana dan terstruktur

Apa Manfaat Tes Untuk Mengenal Potensi Diri dan Bakat Melalui MBTI?

Tes MBTI dapat memberikan Anda manfaat dalam hal:

  • Meningkatkan pemahaman diri: Tes MBTI dapat membantu Anda mengenali kekuatan, kelemahan, minat, nilai, dan motivasi Anda. Dengan demikian, Anda dapat lebih menghargai diri Anda sendiri dan mengembangkan potensi diri Anda secara optimal.
  • Meningkatkan pemahaman orang lain: Tes MBTI dapat membantu Anda mengenali perbedaan tipe kepribadian antara Anda dan orang lain. Dengan demikian, Anda dapat lebih menghormati, menghargai, dan berempati dengan orang lain, serta menghindari konflik dan kesalahpahaman.
  • Meningkatkan kerjasama dan komunikasi: Tes MBTI dapat membantu Anda menyesuaikan gaya kerja dan komunikasi Anda dengan tipe kepribadian orang lain. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerjasama dan komunikasi Anda, baik di tempat kerja maupun di kehidupan pribadi.

Bagaimana Cara Menggunakan Hasil Tes MBTI?

Setelah Anda mendapatkan hasil tes mengenal potensi diri dan bakat melalui MBTI, Anda dapat menggunakan hasil tersebut sebagai panduan atau referensi untuk mengetahui potensi diri dan bakat Anda dalam bidang tertentu. Berikut adalah beberapa contoh bidang yang dapat Anda pertimbangkan berdasarkan hasil tes MBTI Anda:

  1. Bidang akademik: Anda dapat memilih jurusan atau mata kuliah yang sesuai dengan minat, kekuatan, dan gaya belajar Anda. Misalnya, jika Anda memiliki tipe kepribadian INTP, maka Anda mungkin cocok dengan bidang yang berkaitan dengan logika, analisis, dan penelitian, seperti matematika, fisika, atau ilmu komputer.
  2. Bidang karier: Anda dapat memilih pekerjaan atau karier yang sesuai dengan nilai, motivasi, dan gaya kerja Anda. Misalnya, jika Anda memiliki tipe kepribadian ESFJ, maka Anda mungkin cocok dengan pekerjaan atau karier yang berkaitan dengan pelayanan, kerjasama, dan kesejahteraan orang lain, seperti guru, perawat, atau konselor.
  3. Bidang hobi: Anda dapat memilih hobi atau aktivitas yang sesuai dengan kepribadian, bakat, dan kesenangan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki tipe kepribadian ENFP, maka Anda mungkin cocok dengan hobi atau aktivitas yang berkaitan dengan kreativitas, ekspresi, dan petualangan, seperti menulis, bermain musik, atau traveling.

Kesimpulan

Tes ini adalah salah satu cara yang dapat Anda coba untuk mengenal potensi diri dan bakat melalui MBTI. Tes MBTI dapat memberikan Anda wawasan tentang preferensi psikologis Anda, yang dapat mempengaruhi kekuatan, kelemahan, minat, nilai, dan gaya hidup Anda.

Dengan mengetahui hasil tes mengenal potensi diri dan bakat melalui MBTI, Anda dapat menggunakan hasil tersebut sebagai panduan atau referensi untuk menentukan arah dan pilihan hidup Anda, baik dalam bidang akademik, karier, maupun hobi. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan potensi diri dan bakat Anda secara optimal, serta meningkatkan kepercayaan diri dan kebahagiaan Anda dalam hidup.

Namun, perlu diingat bahwa tes MBTI bukanlah alat yang sempurna atau mutlak. Test ini hanya mengukur preferensi psikologis Anda, bukan kemampuan atau keterampilan Anda. hasil MBTI juga dapat berubah seiring dengan perkembangan dan pengalaman Anda.

Oleh karena itu, jangan terlalu bergantung pada hasil tes mengenal potensi diri dan bakat melalui MBTI. Jadikan hasil tes ini sebagai salah satu sumber informasi, bukan sebagai penentu akhir. Anda tetap harus mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti bakat, minat, tujuan, dan situasi Anda, dalam menentukan potensi diri dan bakat Anda.

12 pemikiran pada “Cara Mengenal Potensi Diri dan Bakat Melalui MBTI”

  1. Anak-anak di sekolah juga saat ini dilakukan asesmen bakat dan minat dalam rangka ikhtiar untuk mengenal potensi diri dan bakatnya. Walaupun bukan melalui MBTI, tetapi tes psikologi ini memang bagus sih agar kita dapat mengenali kepribadian, bakat, dan minat kita masing-masing dan dapat dijadikan gambaran untuk langkah-langkah ke depannya

    Balas
  2. Apakah test ini bisa digunakan untuk mahasiswa fresh graduated dalam rangka mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya?

    Balas
  3. segala bentuk macam tes pengukur apapun dipercaya sebagai alat saja memang. Kondisi fisik seseorang dalam mengisi tes tersebut juga menjadi penentu (berpengaruh). mungkin bisa di sisipi atau bikin next tulisan terkait persiapan mengikuti tes MBTI dan apa saja yang harus dipersiapkan, biar hasilnya optimal

    Balas
  4. Saya jadi penasaran dengan tes mbti ini, ingin mendaftarkan anak-anak, sehingga saya mendapat referensi tambahan terkait minat dan bakat anak sehingga saya dapat mengarahkan mereka

    Balas
  5. Dari judulnya aku bingung banget apa MBTI itu, ohh ternyata tes psikologi, hehe. Free nggak pak ini tesnya? Jadi pengen coba meski aku sudah bisa menebak sih ada di kategori apa. Tapi biar semakin yakin dan afdol harus tes ya pak.

    Balas
  6. Saya pernah mengikuti tes ini secara online dan hasilnya INFP. Sejauh yang saya rasa hasilnya sesuai dengan diri ini, terutama perihal introvert dan pengambilan keputusan berdasarkan feeling.

    Balas
  7. Barusan kemaren lusa diajak teman tes ini secara online. Hasilnya ISTJ sama plek kayak bestieku. Banyak yang cocok sih. Mau nyoba ke anak juga biar pada aware dengan tipe kepribadiannya masing-masing

    Balas
  8. Jadi inget, aku pernah ikut acaranya Paragon (itu lo, yang punya Wardah, Safi dll), di salah satu sesi acaranya, aku lupa apa judulnya pokoknya tentang bimbingan karir ya, ada simulasi tes MBTI ini. Bagi individu mungkin ini nggak begitu diperhatikan, padahal bagi beberapa perusahaan ini bisa menjadi informasi tambahan tentang posisi atau karir apa yang cocok buat karyawan yang bersangkutan. Dan, ternyata tools buat tes MBTI ini buanyak. Fakta uniknya, hasil tes MBTI seseorang ini bisa berubah. Nggak selalu tetap sama persis. Aku pernah nyoba tes, dua kali, hasilnya berbeda padahal dengan tools yang sama.

    Nah, kalau di Sokor, idol-idol atau artis-artis nggak tau kenapa kayak percaya banget sama MBTI ini. Kayak mereka tuh hidup berdasarkan MBTI gitu, lucu sih, tapi yah gapapa lah, aku tetep sayang sama bias *apa hubungannya. Duh, maaf jadi curcol hehe.

    Balas

Tinggalkan komentar