Cara Riset Keyword dengan Benar untuk Pemula

Berbagi Info – Cara Riset Keyword dengan Benar untuk Pemula. Keyword atau kata kunci adalah salah satu faktor penting dalam SEO (Search Engine Optimization). Keyword adalah istilah yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi di mesin pencari seperti Google. Dengan menggunakan keyword yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas website Anda di halaman hasil pencarian dan menarik lebih banyak pengunjung yang relevan.

cara riset keyword dengan benar

Namun, bagaimana cara menemukan keyword yang tepat untuk website Anda? Bagaimana cara riset keyword dengan benar dan efektif? Apa saja tools riset keyword gratis yang dapat Anda gunakan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan Anda panduan lengkap tentang cara riset keyword dengan benar untuk pemula.

Apa Itu Riset Keyword?

Riset keyword adalah proses mencari dan menganalisis keyword yang relevan dengan niche, topik, dan tujuan website Anda. Riset ini membantu Anda memahami apa yang dicari oleh audiens Anda, bagaimana persaingan keyword di pasar, dan bagaimana Anda dapat mengoptimalkan website Anda dengan keyword yang sesuai.

Riset kata kunci bukanlah sesuatu yang dilakukan sekali saja, melainkan proses yang berkelanjutan dan dinamis. Keyword yang populer dan relevan dapat berubah seiring dengan waktu, tren, dan permintaan pasar. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset ini secara rutin dan mengupdate keyword Anda sesuai dengan perkembangan terbaru.

Mengapa Riset Keyword Penting?

Riset keyword penting karena dapat memberikan Anda manfaat-manfaat berikut:

  • Bisa memahami kebutuhan, minat, dan preferensi audiens Anda
  • Membantu Anda menemukan peluang dan celah pasar yang belum terjamah oleh kompetitor
  • Membantu menentukan konten yang sesuai dengan keyword dan audiens
  • Mengoptimalkan website Anda dengan keyword yang dapat meningkatkan peringkat, trafik, dan konversi
  • Bisa mengukur dan mengevaluasi performa keyword Anda dan melakukan perbaikan jika diperlukan

Bagaimana Cara Riset Keyword dengan Benar untuk Pemula?

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan riset keyword dengan benar untuk pemula:

1. Tentukan Niche dan Tujuan Website Anda

Langkah pertama dalam riset keyword adalah menentukan niche dan tujuan website Anda. Niche adalah bidang atau topik spesifik yang menjadi fokus website Anda. Tujuan adalah hasil yang ingin Anda capai dengan website Anda, seperti meningkatkan awareness, trafik, penjualan, atau loyalitas.

Menentukan niche dan tujuan website Anda akan membantu Anda menentukan keyword yang relevan dan sesuai dengan website Anda. Anda dapat menentukan niche dan tujuan website Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa audiens Anda? Apa karakteristik, demografi, dan psikografi mereka?
  • Apa masalah, kebutuhan, atau keinginan yang ingin Anda selesaikan atau penuhi untuk audiens Anda?
  • Apa solusi, produk, atau layanan yang Anda tawarkan untuk audiens Anda?
  • Apa nilai tambah atau keunggulan yang Anda miliki dibandingkan dengan kompetitor Anda?
  • Apa hasil yang ingin Anda capai dengan website Anda?
  • Apa indikator atau metrik yang dapat Anda gunakan untuk mengukur hasil tersebut?

2. Buat Daftar Keyword Awal

Langkah kedua dalam cara riset keyword dengan benar adalah membuat daftar keyword awal yang berhubungan dengan niche dan tujuan website Anda. Keyword awal adalah keyword yang Anda pikirkan secara spontan atau intuitif tanpa menggunakan tools atau sumber lainnya.

Membuat daftar keyword awal akan membantu Anda menemukan ide-ide keyword yang mungkin belum terpikirkan oleh orang lain. Anda dapat membuat daftar keyword awal dengan cara-cara berikut:

  1. Brainstorming: Anda dapat mencoba menulis semua keyword yang terlintas di pikiran Anda tanpa membatasi atau menyaringnya. Anda dapat melibatkan orang lain yang terkait dengan website Anda, seperti tim, klien, atau audiens, untuk mendapatkan perspektif yang berbeda.
  2. Spying: Anda dapat mencoba melihat website atau konten kompetitor Anda dan mencari keyword yang mereka gunakan. Anda dapat meniru, memodifikasi, atau menggabungkan keyword tersebut dengan keyword Anda sendiri.
  3. Browsing: Anda dapat mencoba menjelajahi internet dan mencari sumber-sumber yang relevan dengan niche dan tujuan website Anda, seperti blog, forum, media sosial, atau portal berita. Anda dapat mencari keyword yang sering muncul atau menarik perhatian Anda.

3. Gunakan Tools Riset Keyword Gratis

Langkah ketiga dalam riset keyword adalah menggunakan tools riset keyword gratis yang dapat membantu Anda menemukan, menganalisis, dan memilih keyword yang tepat untuk website Anda. Tools riset keyword gratis adalah tools yang dapat Anda gunakan secara online tanpa perlu membayar biaya apapun.

Menggunakan tools riset keyword gratis akan membantu Anda mendapatkan data dan informasi yang akurat dan terpercaya tentang keyword yang Anda cari. Anda dapat menggunakan tools riset keyword gratis seperti:

  1. Google Keyword Planner: Tools ini adalah tools resmi dari Google yang dapat membantu Anda menemukan keyword yang relevan dengan niche dan tujuan website Anda, serta menampilkan data seperti volume pencarian, persaingan, dan biaya per klik (CPC) dari keyword tersebut. Anda dapat menggunakan tools ini dengan cara mengakses https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner/ dan memasukkan keyword atau URL website Anda.
  2. Ubersuggest: Tools ini adalah tools yang dibuat oleh Neil Patel, seorang ahli digital marketing yang terkenal. Tools ini dapat membantu Anda menemukan keyword yang berkaitan dengan keyword yang Anda masukkan, serta menampilkan data seperti volume pencarian, kesulitan SEO, kesulitan iklan, dan CPC dari keyword tersebut. Anda juga dapat melihat analisis website kompetitor Anda dan saran konten yang relevan dengan keyword Anda. Anda dapat menggunakan tools ini dengan cara mengakses https://neilpatel.com/ubersuggest/ dan memasukkan keyword atau URL website Anda.
  3. Answer The Public: Tools ini adalah tools yang dapat membantu Anda menemukan keyword yang berbentuk pertanyaan, preposisi, perbandingan, atau alfabet yang berkaitan dengan keyword yang Anda masukkan. Tools ini dapat membantu Anda menemukan ide-ide konten yang menarik dan menjawab kebutuhan audiens Anda. Anda dapat menggunakan tools ini dengan cara mengakses https://answerthepublic.com/ dan memasukkan keyword Anda.

4. Analisis dan Pilih Keyword Terbaik

Langkah keempat dalam cara riset keyword dengan benar adalah menganalisis dan memilih keyword terbaik yang dapat Anda gunakan untuk website Anda. Keyword terbaik adalah keyword yang memiliki kriteria-kriteria berikut:

  1. Relevan: Keyword harus sesuai dengan niche, topik, dan tujuan website Anda, serta dapat menjawab kebutuhan, minat, dan preferensi audiens Anda.
  2. Populer: Keyword harus memiliki volume pencarian yang tinggi atau menunjukkan tren yang meningkat, yang menandakan bahwa keyword tersebut banyak dicari oleh pengguna internet.
  3. Kompetitif: Keyword harus memiliki persaingan yang rendah atau sedang, yang menandakan bahwa keyword tersebut belum banyak digunakan oleh kompetitor Anda atau masih memiliki peluang untuk menempati peringkat tinggi di halaman hasil pencarian.
  4. Profitabel: Keyword harus memiliki CPC yang tinggi atau menunjukkan potensi konversi yang baik, yang menandakan bahwa keyword tersebut memiliki nilai komersial yang tinggi atau dapat menghasilkan pendapatan bagi website Anda.

Menganalisis dan memilih keyword terbaik dapat Anda lakukan dengan cara-cara berikut:

  1. Gunakan tools riset keyword gratis yang telah disebutkan sebelumnya untuk melihat data dan informasi tentang keyword yang Anda temukan.
  2. Menggunakan tools analisis website gratis seperti Google Analytics, Google Search Console, atau SimilarWeb untuk melihat performa keyword yang Anda gunakan saat ini dan menemukan keyword baru yang dapat Anda optimalkan.
  3. Pakai tools validasi keyword gratis seperti Google Trends, Google Search, atau MozBar untuk melihat tren, popularitas, dan kompetisi keyword yang Anda pilih.

Kesimpulan

Riset keyword adalah proses yang penting dan harus dilakukan oleh setiap pemilik website yang ingin meningkatkan visibilitas, trafik, dan konversi website mereka. Riset keyword dapat membantu Anda menemukan keyword yang relevan, populer, kompetitif, dan profitabel untuk website Anda.

Untuk cara riset keyword dengan benar untuk pemula, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tentukan niche dan tujuan website Anda
  • Buat daftar keyword awal
  • Gunakan tools riset keyword gratis
  • Analisis dan pilih keyword terbaik

Dengan mengikuti cara riset keyword dengan benar, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan keyword dan audiens Anda, serta mengoptimalkan website Anda dengan keyword yang dapat meningkatkan peringkat, trafik, dan konversi Anda.

Semoga artikel cara riset keyword dengan benar ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam melakukan riset keyword dengan benar untuk pemula. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Tinggalkan komentar